Teori awal masuknya islam ke Indonesia

Teori awal masuknya islam ke IndonesiaTeori awal masuknya islam ke Indonesia - Agama Islam masuk ke Indonesia atau dulunya disebut wilayah Nusantara adalah melalui jalur laut yang artinya daerah pertama yang mendapatkan dampaknya adalah daerah pesisir baru kemudian dilanjutkan ke daerah pedalaman oleh ulama dan penyebar agama Islam. Kapan masuknya Islam ke Indonesia atau Nusantara ini masih banyak terdapat teori-teori yang berbeda tetapi sama-sama memiliki bukti kuat yang mendukung teori tersebut. Supaya lebih jelas, silahkan kamu simak uraian berikut ini terlebih dahulu.

Ahmad mansur suryanegara dalam bukunya yang berjudul "Menemukan Sejarah", beliau mengatakan bahwa terdapat 3 teori yang menyatakan kapan dan dari mana Islam masuk ke Indonesia. Teori-teori tersebut dinamakan teori Gujarat, Persia dan Mekkah. Ketiga teori tersebut menjelaskan tentang kapan masuknya Islam ke Indonesia, siapa pelakunya dan dari mana masuknya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita baca teorinya satu persatu.

Gujarat
Dalam teori Gujarat berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia yakni pada abad ke-13 dan dibawa oleh para ulama dari Gujarat, India. Dasar atau bukti dari teori ini adalah:
  • Hubungan Indonesia dengan India sudah sangat lama terjadi, terutama dalam hubungan dagang.  Melalu jalur Indonesia - Cambay (Gujarat) - Timur tengah - Eropa.
  • Kurangnya fakta yang menyatakan bahwa Islam masuk dari Arab yaitu tempat pusatnya Islam langsung. Makanya beberapa ahli berpendapat Islam di Indonesia masuk dari Gujarat, India.
  • Ditemukannya kesamaan antara batu nisan sultan dari kerajaan Samudra pasai yaitu Sultan Malik Al-saleh 1297 dengan batu nisan yang ada di Gujarat, India.
Pendukung-pendukung teori ini adalah WF stutterreim, Snouck Hugronje dan Bernard HM. Para ahli pendukung teori ini memusatkan perhatian mereka pada saat kesultanan Samudra pasai timbul kekuasaan politik Islam. Hal ini juga diperkuat oleh Marcopolo penjelajah dunia dari Venesia (Italia). Dia mengatakan bahwa pernah singgah di Perlak tahun 1292 dan disana sudah banyak pemeluk agama Islam dan pedagang yang menyebarkan agama Islam yang berasal dari India.

Baca : Teori awal mula masuknya Hindu Budha ke Indonesia

Persia
Teori ini berpendapat bahwa Islam di Indonesia dibawa oleh penyebar agama dari Persia (Iran sekarang). Teori ini diangkat berdasarkan kesamaan upacara keagamaan dengan yang ada di Persia. Seperti..
  • Peringatan hari 10 Muharram atau hari Asyura oleh bangsa Persia dan sama dengan yang ada di Indonesia. Hari asyura adalah hari wafatnya cucu nabi Muhammad yaitu Hassan dan Husein, hari tersebut sangat dijunjung oleh kaum Syiah. Di Sumatra barat upacara ini dinamakan upacara Tabot sedangkan di jawa ditandai dengan pembuatan bubur Syuro.
  • Kesamaan aliran agama yang dianut di Indonesia dan Persia, yakni ajaran sufi yang Syeikh siti jennar dan Syeikh Al-Hallaj dari Persia.
  • Penggunaan sistem bacaan Persia dalam pengejaan tanda dan bunyi-bunyi harakat di Indonesia.
  • Ditemukannya Makam Maulana malik ibrahim pada tahun 1419 tepatnya di Gresik.
Teori ini kurang kuat dibandingkan teori lain. Mari kita simak satu teori lagi.

Mekkah
Teori ini adalah teori yang berpendapat bahwa Islam langsung berasal dari daerah tempatnya lahir yaitu Mekkah. Teori ini mengatakan bahwa Islam berasal dari Mekkah dan dibawa ke Indonesia pada abad ke-7. Dasar dan bukti teori ini adalah...
  • Pada abad ke-7 sudah ditemukannya perkampungan Arab di pantai barat Sumatra. Dengan pertimbangan bahwa orang-orang arab sudah mendirikan kampung di Indonesia dan mulai menyebarkan agama Islam di daerah tersebut.
  • Kerajaan Samudra pasai selaku kerajaan Islam pertama di Indonesia menganut mazhab Syafii yang berasal dari Mekkah, sedangkan dari Gujarat mazhab yang digunakan adalah Hanafi.
  • Raja-raja di Indonesia menggunakan gelar-gelar Al-malik yang sama dengan gelar-gelar raja di Arab.
  Teori terbukti kuat, pendukungnya adalah Buya HAMKA, Van leur dan T.W Arnold. Para ahli tersebut berpendapat bahwa pada abad ke-13 sudah berdirinya kekuasaan politik Islam di Indonesia, jadi Islam masuk pasti sudah lebih lama lagi yakni abad ke-7.

Nah, itulah dia tiga teori yang saling mendukung masuknya Islam di Indonesia, Islam masuk ke Indonesia melalui perdagangan. Islam dibawa dengan cara damai oleh para pedagang yang berinteraksi setiap harinya dengan penduduk pribumi. Saluran masuknya Islam ke Indonesia adalah Perkawinan, Perdagangan, Dakwah, dll. Islam tidak dibawa dengan peperangan karena Islam adalah agama yang damai.

Penulis : Kahfi Rafsanjani
Referensi : Guru Sejarah
Dilarang mengopy artikel ini tanpa mengedit dan mencantumkan sumbernya. Hargai kerja keras orang lain.
Title: Teori awal masuknya islam ke Indonesia
Posted by:rafsanjani kahfi
Published :2015-12-08T06:49:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Teori awal masuknya islam ke Indonesia
Share this article :
+
3 Komentar untuk "Teori awal masuknya islam ke Indonesia"

Teorinya blh dpet dri mna nih gan? :3 kok bagus bngat teorinya :3

Referensi dari para blog lain kok gan. semua itu teori para ahli sejarah.

Nice, makasih pembelajarannya, ternyata begitu ya awal masuknya Islam, ada tiga teori yang dikemukakan memiliki peranan dan pengaruh.. :)

║ Berkomentarlah sesuai topik ║
║ Jangan menautkan link apapun ║
║ Cantumkan judul blog (bukan url blog) untuk kunjungan balik ║
║ Admin cuma balas komentar pertanyaan bukan pernyataan ║
║ No scam > No smoking :D ║

 
Template By Kunci Dunia