Mengenal Mesin Pencari Selain Raksasa Google

15:11
Mengenal Mesin Pencari Selain Raksasa Google - Google seakan mereprensentasikan dirinya sebagai raksasa di dunia maya. Bagaimana tidak, semua hal yang dilakukan di internet atau dunia maya di akses melalui Google. Saat ini, Google mendominasi sekitar 65,5% pasar pencarian di internet. Hal itulah yang menjadikan Google sebagai perusahaan raksasa dunia.

Mengenal Mesin Pencari Selain Raksasa Google

Sebagian dari kita masih banyak yang belum paham apa itu mesin pencari. Lucunya, sebagian orang hanya tau bahwa kita menggunakan google untuk mencari informasi di internet. Tapi, apakah itu Google? Nah untuk itu, mari kita bahas satu persatu.

Mesin Pencari
Kita akan memulainya dengan Apa itu mesin pencari. Dalam bahasa inggrisnya dikenal sebagai search engine. yaitu sebuah program komputer yang dirancang untuk mencari semua data-data yang ada dalam layanan www, ftp, dan lain-lain dalam suatu jaringan. Mesin pencari di buat untuk mempermudah pencarian. Bayangkan ada jutaan berkas dalam suatu jaringan, maka akan sangat susah jika harus melihat setiap berkas satu persatu. Untuk itulah dicipatkan mesin pencari, guna mempermudah pekerjaan.

Cara kerja mesin pencari cukup simple. Ketika kita mengetikkan kata kunci yang ingin kita cari, maka dalam sekejap mesin pencari akan mengindeks seluruh berkas yang ada dan mencocokannya dengan kata kunci yang kita inginkan. Dalam beberapa detik saja, semua berkas yang sesuai dengan kata kunci telah tersedia untuk diakses.

Mesin Pencari Selain Raksasa Google
Ada banyak mesin pencari lainnya yang cukup terkenal di dunia ini. Kita tidak akan membahas Google dalam artikel kali ini. Jadi mari langsung saja kita lihat apa saja mesin pencari lain yang cukup populer dan banyak penggunanya.

Yahoo!
Yahoo adalah salah satu mesin pencari yang cukup terkenal. Pada masa kejayaannya, yahoo sangat sering di akses para pengguna internet. Salah satu fitur paling populer pada masanya adalah Yahoo mail dan Yahoo Massanger. Yahoo memang terkenal pada era 2000-an. Jauh sebelum Google mengambil alih internet. Sekarang Yahoo sudah menjadi perusahaan kecil, karena sempat hampir bangkrut beberapa tahun terakhir. Tampilan mesin pencari yahoo adalah sebagai berikut.

Mengenal Mesin Pencari Selain Raksasa Google

Bing
Adalah sebuah mesin pencari terobosan dari Microsoft. Ya! benar, Microsoft perusahaan miliki orang terkaya di dunia. Meskipun Microsoft terkenal dengan teknologi canggihnya, tapi masih kalah jauh dengan mesin pencari Google. Tapi, untuk sekarang Google wajib waspada. Karena Bing sudah mulai mengembangkan fiturnya serta melakukan kerja sama dengan Yahoo. Bisa-bisa Google akan tersingkir suatu saat nanti. Berikut adalah tampilan mesin pencari Bing.

Mengenal Mesin Pencari Selain Raksasa Google

DuckDuckGo
Mungkin mesin pencari yang satu ini masih terasa asing di telinga pengguna internet. Tetapi yang jelas, mesin pencari ini memang benar-benar ada. Terlepas dari nama lucu dan uniknya tersebut, mesin pencari ini memiliki kelebihan tersendiri, yaitu sangat menjunjung tinggi privasi penggunanya. Kita tau banyak chache dan kuki ketika kita menggunakan Google, yang biasanya dimanfaatkan oleh Google untuk target pengiklanan produk mereka. Tetapi, dengan DuckDuckGo, privasimu terjamin aman. DuckDuckGo tidak akan meninggalkan kuki dalam pencarian yang kita lakukan. Berikut tampilan mesin pencari DuckDuckGo.

Mengenal Mesin Pencari Selain Raksasa Google

Yandex
Mesin pencari satu ini adalah mesin pencari buatan Russia. Wajar saja mesin pencari ini sangat mendukung pencarian berkas menggunakan aksara Russia, atau biasa dikenal dengan Cyrillic. Di Russia sendiri, Yandex menempati peringkat pertama penggunaan mesin pencari dan peringkat ke-4 di dunia.  Berikut adalah tampilan mesin pencari Yandex.

Mengenal Mesin Pencari Selain Raksasa Google


Geevv
Setelah Yandex berhasil di negara asalnya sendiri, bagaimana dengan Geevv, salah satu mesin pencari terbaik dari Indonesia. Geevv sendiri adalah sebuah mesin pencari yang berbasis sosial dengan cara menyumbangkan 80% penghasilannya untuk memberikan dampak positif kepada masyrakat di dunia, sedangkan 20% pendapatannya digunakan untuk pengembangan perusahaan. Geevv mengkonsentrasikan diri pada masalah kemiskinan, pendidikan dan kesehatan. Oleh karena itu mari gunakan Geevv untuk browsing di dunia maya. Berikut tampilan mesin pencari Geevv.

Mengenal Mesin Pencari Selain Raksasa Google

Itulah dia beberapa mesin pencari atau search engine lain yang bisa kalian coba selain Google. Admin menganjurkan kalian untuk lebih sering menggunakan Geevv, selain itu produk asli Indonesia, kita juga akan berpartisipasi dalam perubahan global menuju ke hal yang positif.


Artikel Terkait

Latest
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

║ Berkomentarlah sesuai topik ║
║ Jangan menautkan link apapun ║
║ Cantumkan judul blog (bukan url blog) untuk kunjungan balik ║
║ Admin cuma balas komentar pertanyaan bukan pernyataan ║
║ No scam > No smoking :D ║