Sejarah lengkap penemuan sel

Sejarah lengkap penemuan sel
Sejarah lengkap penemuan sel -  Apa yang kamu pikirkan setelah mendengar kata sel ? Apakah kamu memikirkan sel adalah sebuah ruang seperti ruang tahanan yang biasa disebut sel ? Atau kamu belum tahu apa itu sel ? Baiklah, mari langsung kita simak penjelasan tentang sel dan sejarahnya dibawah ini.

Robert hooke
 adalah yang pertama kali mengemukakan istilah sel. Dia menamainya untuk ruang-ruang kosong seperti jaring yang diamatinya pada praparat hasil sayatan gabus. Kemudian dua orang ilmuwan yakni Schleiden dan Schwan mengamati berbagai sel hewan dan tumbuhan. Setelah berbagai pengamatan telah dilakukan, mereka berkesimpulan bahwasanya semua mahkluk hidup tersusun dari sel, dari situlah muncul teori bahwa "Sel adalah unit terkecil penyusun mahkluk hidup".

Kemudian Robert brown menemukan adanya Nukleus penyusun tubuh tanaman anggrek pada tahun 1831.  Nukleus adalah organel utama dalam sel yang berfungsi sebagai pusat segala aktivitas sel. Penemuan itu ditanggapi oleh Felix durjadin yang menyatakan bahwa bukanlah nukleus yang mengatur seluruh aktivitas sel, tetapi sitoplasma-lah yang melakukannya. Pada tahun 1896 ilmuwan baru yang bernama Johanes purkinye mengemukakan pendapatnya bahwa protoplasma memberikan ciri suatu kehidupan sedangkan Max schultze menyatakan bahwa protoplasma merupakan dasar fisik kehidupan, bukan ciri suatu kehidupan. Yakni pada tahun 1874.

Rudolf virchow melakukan sebuah pengamatan pada tahun 1858 yang menghasilkan sebuah gagasan baru bahwa "sel berasal dari sel" (omnis cellula cellula).

Berdasarkan semua hasil penelitian yang menghasilkan gagasan-gagasan diatas, maka disimpulkanlah bahwa sel adalah "unit struktural dan fungsional terkecil makhluk hidup". Sel-sel yang mempunyai bentuk, fungsi dan juga ukuran yang sama akan membentuk suatu jaringan. Kumpulan dari jaringan-jaringan disebut organ, lalu kumpulan dari organ-organ disebut sistem organ dan selanjutnya disebut induvidu.

Makhluk hidup ada yang tersusun dari satu sel dan banyak sel, yang tersusun dari satu sel disebut unisel dan yang tersusun dari banyak sel disebut multisel. Contoh makhluk hidup yang tersusun dari satu sel adalah bakteri dan ganggang biru. Sedangkan makhluk hidup yang tersusun dari banyak sel contohnya adalah mulai dari porifera sampai dengan hewan veterbrata.

Dilarang mengopy artikel ini tanpa mengedit dan mencantumkan sumbernya. Hargai kerja keras orang lain.

Title: Sejarah lengkap penemuan sel
Posted by:rafsanjani kahfi
Published :2016-03-04T16:04:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Sejarah lengkap penemuan sel
Share this article :
+
1 Komentar untuk "Sejarah lengkap penemuan sel"

Terimakasih, artikelnya sangat membantu, menambah pengetahuan dan wawasan saya tentang sel :D

║ Berkomentarlah sesuai topik ║
║ Jangan menautkan link apapun ║
║ Cantumkan judul blog (bukan url blog) untuk kunjungan balik ║
║ Admin cuma balas komentar pertanyaan bukan pernyataan ║
║ No scam > No smoking :D ║

 
Template By Kunci Dunia