Teks Berita : Pengertian, Struktur dan contoh teks berita

Teks Berita : Pengertian, Struktur dan contoh teks berita

Teks Berita : Pengertian, Struktur dan contoh teks berita - Di era globalisasi yang modern ini kita bisa mengakses media-media massa baik itu Televisi, Majalah, Koran dan lain-lain. Setiap media massa tersebut pasti meliput atau mengandung berita untuk diketahui oleh para pembaca. Maka dari itu, kita akan selalu bisa menyaksikan atau membaca berita dengan mudahnya. Pelajaran tentang Teks Berita : Pengertian, Struktur dan contoh teks berita telah kita dapatkan di bangku sekolah di kelas XII, dimana kita membahas Teks Berita : Pengertian, Struktur dan contoh teks berita.
Nah, pada kesempatan kali ini, saya juga ingin mempelajari sekaligus berbagi ilmu bahasa Indonesia ini kepada kawan-kawan. Di lain sisi Teks berita ini diperlukan oleh pelajar baik untuk menunjang pembelajaranya dan lain sebagainya. Bagi teman-teman yang mempunyai cita-cita menjadi Wartawan, Pembawa acara dan hal-hal lain berkaitan dengan komunikasi, maka Teks berita ini perlu diperhatikan.

Pengertian Teks Berita
Teks berita adalah sebuah teks yang menjelaskan atau memaparkan sebuah situasi, kejadian atau tragedi kepada pembaca di media cetak, disiarkan melalui radio, televisi atau diunggah ke media massa online. Dari teks berita ini kita bisa mengambil banyak hal positif seperti membuat kita lebih cekatan, aktif dan kritis dalam menanggapi suatu masalah.  Teks berita juga dapat dijadikan motivasi untuk diri sendiri, pembelajaran atau pun hal-hal baru.

Struktur Teks Berita
Teks berita memiliki struktur atau ciri-ciri tersendiri sehingga kita dapat menyatakan teks tersebut adalah teks berita, adapun Strukturnya adalah :

  • JUDUL
Judul pada teks berita adalah Struktur pertama dalam teks ini. Judul berfungsi sebagai penarik minat pembaca, sehingga judul harus dibuat dengan semenarik mungkin, agar dapat mengundang keingintahuan pembaca. Setiap pembaca berita pasti membaca judulnya terlebih dahulu, jika judul yang kita pilih tidak begitu menarik, maka pembaca cenderung tidak akan membaca isi berita tersebut.


  • LEAD/TERAS
Lead/Teras ini adalah bagian kedua dari Struktur Berita, bagian ini juga cukup penting untuk diperhatikan dan disajikan semenarik mungkin. Karena pada bagian Lead inilah terdapat semua ringkasan berita.

  • TUBUH
Bagian ini adalah bagian ketiga dari struktur berita, pada bagian ini disajikan semua penjelasan yang lebih rinci dari isi berita,termasuk juga kelanjutan berita dan pemaparannya. Jadi, bagian ini juga penting untuk dibuat dengan semenarik mungkin.

Kaidah Teks Berita
Teks berita juga mempunyai kaidah tersendiri sehingga kita dapat membedakan teks berita dengan teks yang lainnya. Ciri keabsahan kaidah teks berita ini adalah dengan adanya kalimat keterangan, verba transitif dan verba perwata

Supaya lebih memahami secara mendalam, mari kita simak salah satu contoh berita dibawah ini.

Contoh Teks Berita
Adapun contoh dari teks berita adalah :

Teks Berita : Pengertian, Struktur dan contoh teks berita

Penulis : Kahfi rafsanjani
Sumber referensi : http://wacanakita.com/teks-berita-pengertian-struktur-teks-kaidah-kebahasaan-dan-contoh-teks-berita/

Dilarang mengopy artikel ini tanpa mengedit dan mencantumkan sumbernya. Hargai kerja keras orang lain.
Title: Teks Berita : Pengertian, Struktur dan contoh teks berita
Posted by:rafsanjani kahfi
Published :2016-01-05T16:33:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Teks Berita : Pengertian, Struktur dan contoh teks berita
Share this article :
+
23 Komentar untuk "Teks Berita : Pengertian, Struktur dan contoh teks berita"

Nice share gan jadi tau strukturnya

bermanfaat mas, menanbah pengetahuan nih. kebetulan ane tertarik dunia jurnalis

Apa strukturnya itu mirip dengan teks pidato ya gan? Ada:
1. Pembukaan
2. Isi
3. Penutup

Cara mudah membawakan teks berita gimana ya?

dulu saat di SMK saya pernah belajar contoh tesk berita seperti ini ? dan kebetulan saat itu saya tidak begitu tertarik dengan pelajaran bahasa indonesia :) . Anak2 yang punya tugas mengenai tesk berita bisa mencarinya di site ini sapa tau ada jawabannya :D

-Creative2 Indonesia

Makasih sob atas infonya, mudah2an ini jadi refrensi buat para penulis berita

sip nih buat tugas bahasa indonesia adek gw

Ilmunya bermanfaat gan.Btw ini pelajaran Bhs.Indi ada

mantep gan, menambah wawasan Pengertian, Struktur dan contonya ..

makasih gan infonya, sangat bermanfaat

wah buat pelajaran bahasa indonesia nih gan :D

makasih gan infonya, kali ajja ane mau buat bisa liat inih :D

wah bisa buat inspirasi nulis blog..thanks gan..

struktur lead maksudnya apa ya gan ? kalo saya ditanya sma guru harus jawab apa ya ?

klo untuk buat artikel di blog.
bisa pake struktur ini ngk gan.
txh for share

penempatan kata kunci yang baik dalam paragraf/kalimat gmn yah gan ?

Mantap gan penjelasannya lengkap banget :)

ilmu yang ane cari - cari nih gan keren

sorry bro bukan nya mau so pinter atau apa, tapi contoh teks berita diatas itu salah bro... kenapa saya bisa bilang begitu? karna saya sudah belajar dan memahami materi ini, saya yakin sobat ini belum paham atau belum belajar sama sekali dengan materi ini... untuk contohnya mohon diperbaiki lagi,

admin materikelas.com

Ohya gan refsa, saya kenal kamu :v ciee master. Maaf ya teman-teman. Akan saya perbaiki segera mungkin. Makasi masukannya gan refsa ^^ saya berterima kasih atas kritikannya.

Lead itu yang mencakup isi penting tentang berita, misal siapa pelaku dan lain2, hanya sekilas saja, bagian selanjutnya yang akan memperjelas apa profesi pelaku, tmpt tinggal pelaku.

║ Berkomentarlah sesuai topik ║
║ Jangan menautkan link apapun ║
║ Cantumkan judul blog (bukan url blog) untuk kunjungan balik ║
║ Admin cuma balas komentar pertanyaan bukan pernyataan ║
║ No scam > No smoking :D ║

 
Template By Kunci Dunia