Contoh-contoh teks deskripsi singkat

11:33
Contoh-contoh teks Deskripsi singkat

Contoh-contoh Teks Deskripsi singkat – Teks deskripsi adalah sebuah teks yang menjelaskan dan menggambarkan sebuah objek melalui teks dengan tujuan pembaca dapat merasakan dan tau betul keadaan objek tersebut hanya dengan membacanya. Teks deskripsi sangat perlu dipelajari oleh penulis novel, sehingga dalam novelnya mereka bisa menggambarkan sebuah tempat atau objek dengan jelas sehingga pembaca seolah pembaca dapat merasakan dan tau betul keadaan yang sedang mereka baca.

Pada paragraf teks deskripsi yang dimana penulis mengutarakan opini, pendapat dan kesan pada objek tersebut, kalimat tersebut disebut kalimat subjektif sedangkan jika penulis mengungkapkan objek apa adanya tanpa ada opini maka itu disebut kalimat objektif.

Dalam artikel singkat ini saya akan memberikan contoh-contoh teks deskripsi yang bisa kalian gunakan untuk belajar, atau pun sebagai referensi mengerjakan tugas dan PR bahas Indonesia. Sebenarnya kalimat deksriptif ini sangat mudah dibuat, hanya perlu pengertian antara mana kalimat yang dapat dikategorikan deskripsi atau tidak. 

Supaya lebih jelas, mari kita simak contoh-contoh dibawah ini.

Contoh teks deskripsi 1
Kucing
Kucingku berwarna oranye dengan sedikit kemerah-merahan. Kakinya memiliki kuku yang cantik dan berwarna putih. Kucingku kuberi nama oren karena dia berwarna oranye. Dia jantan dan berumur 2 tahun. Telinga kucingku berbentuk segitiga runcing, begitu juga dengan gigi taringnya.

Contoh teks deskripsi 2
Rumah Riko
Rumah riko terletak didepan rumahku. Rumah riko mempunyai halaman yang luas, di halamannya ada sebuah kola dengan air mancur. Terdapat banyak ikan didalam kolamnya. Disamping kolam tersebut ada sebuah pohon yang tingginya 2 meter. Pohon itu sangat rindang dan cocok dijadikan tempat beristirahat. Halaman rumah rico juga dikelilingi oleh pagar kayu berbentuk persegi panjang dengan jarak antar pagarnya 30 cm. Warna rumahnya sangat kontras dengan warna halamannya. Rumahnya berwarna kuning dan halamannya berwarna hijau. 

Contoh teks deskripsi 3
Sekolahku
Sekolahku bernama Sekolah Sukma Bangsa. Terletak di sebuah desa yang sangat asri. Sekolahku bersih dan hijau, banyak tanaman dan pepohonan disana. Halaman sekolahku sangat luas dan juga hijau. Sekolahku memiliki 6 ruang kelas yang sangat rapi, disetiap halaman depan kelas di sekolahku ada sebuah pohon kecil yang selalu kami siram setiap pagi dan sorenya. Aku sangat cinta pada sekolahku.

Nah, itulah dia contoh-contoh teks deskripsi yang bisa kamu jadikan referensi membuat teks deskripsi guna mengerjakan tugas sekolahmu. Ingat ya jadikan contoh ini sebagai referensi, jangan langsung ngambil aja, karena dengan begitu kamu tidak akan pernah bisa mengerti bagaimana membuat teks deskripsi sendiri, dan juga jika ketahuan sama gurumu, kamu akan mendapat masalah. Jadi, hanya jadikan teks deskripsi diatas sebagai referensi atau contoh untuk kamu ya 
Penulis : Kahfi rafsanjani
Owner : http://kelasnyablogger.blogspot.com
Dilarang mengopy artikel ini tanpa mengedit dan mencantumkan sumbernya. Hargai kerja keras orang lain.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

9 comments

Nambah nambah ilmu gan heheheh

Balas

ijin kopas buat tugas b indonesia gan

Balas

http://cc.cc/9rzk masukkan url blog/website kamu selanjutnya invite ke banyak teman ...tambahan sarana BW bro lewat aplikasi sosmed wowapp

Balas

sip lah buat tugas B.indo smp adek gw

Balas

nice blog, berkunjung juga ke blog saya

Balas

buat gua berfungsi soalnya saya masih sd :v

Balas

makasih atas contohny mas, sekarang saya sudah bisa membuat tels deskripsi sendiri :)

Balas

Bpk BUDI YUWONO
No Hp; 0823-1187-1990
Direktur Arsip Kepegawaian BKN.

3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS bulan JANUARI tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 02 Karawang Jawa Barat, Sudah 15 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asa, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Budi Yuwonoi beliau selaku (DIREKTUR ARSIP KEPEGAWAIAN PNS}di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Budi Yuwono no HP Beliau: 0823-1187-1990. siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 17 Desember 2014 kemarin saya melakukan komunikasi pembicaraan kepada beliau untuk bisa meluluskan saya sebagai CPNS ke PNS.
Memang Pemerintah Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Budi Yuwono Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

Balas

║ Berkomentarlah sesuai topik ║
║ Jangan menautkan link apapun ║
║ Cantumkan judul blog (bukan url blog) untuk kunjungan balik ║
║ Admin cuma balas komentar pertanyaan bukan pernyataan ║
║ No scam > No smoking :D ║