Teks Iklan – Pengertian, Fungsi, Struktur, Kaidah kebahasaan dan Contoh Teks Iklan

Teks Iklan – Pengertian, Fungsi, Struktur, Kaidah kebahasaan dan Contoh Teks Iklan

Teks Iklan – Pengertian, Fungsi, Struktur, Kaidah kebahasaan dan Contoh Teks Iklan – Dalam kesempatan ini, kita akan mempelajari sebuah materi pelajaran bahasa Indonesia yang kamu dapati pada kelas XII. Teks iklan memiliki pengertian, struktur dan fungsi tersendiri. Begitu juga dengan kaidah kebahasaannya. Dalam artikel ini, saya akan merangkumnya dengan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Berkembangnya teknologi informasi memberikan dampak yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan tema artikel kita tentang Teks Iklan, jadi perkembangan teknologi informasi mempunyai dampak tersendiri dalam dunia periklanan. Dulunya kita sering mendapati iklan di koran, majalah dan radio. Seiring perkembangan zaman, Teks iklan lebih mudah didapat, baik itu melalui televisi, media sosial atau jejaring sosial dan lain-lain. Baliho atau banner di kelompokan kedalam iklan media luar ruangan.

Pengertian Teks Iklan
Teks Iklan adalah teks yang digunakan sebagai media promosi yang efektif dalam memasarkan produk-produk. Produk-produk tersebut dipasarkan kepada konsumen. Alasan iklan menjadi media promosi yang bagus adalah karena jangkauan konsumennya menjadi lebih luas. Tujuan dari teks iklan itu sendiri adalah untuk memperkenalkan barang atau produk dan jasa yang di iklankan. Tujuan iklan juga untuk menarik minat masyarakat untuk membeli, memakai dan mengkonsumsi barang yang di iklankan.

Fungsi Teks Iklan
Fungsi akan teks iklan itu sendiri tentunya berbeda dengan pengumuman. Fungsi teks iklan adalah sebagai berikut.


  • Sebagai penyampaian informasi (Info produk baru, produk diskon, ciri-ciri dan lain-lain).
  • Sebagai persuasi atau bujukan yaitu mengajak konsumen untuk membeli.
  • Sebagai pengingat yaitu untuk mengingatkan masyarakat terhadap produk tertentu dan selalu menggunakannya.


Struktur Teks Iklan
Sebuah teks iklan memiliki struktur ternsendiri yang akan membedakannya dengan teks pengumuman maupun teks lainnya. Untuk itu, mari kita simak struktur-struktur dari teks iklan itu sendiri.

  • Judul, terletak dibagian paling atas pada teks iklan. Terkadang tidak semua iklan mencantumkan judulnya. Boleh saja kita mencantumkan nama produk atau jasa yang akan di iklankan.
  • Nama Produk, Berupa nama produk yang akan di iklankan.
  • Penjelasan Tentang Produk, Berisi beberapa penjelasan tentang produk mulai dari spesifikasi, kelebihan, kemudahan sampai cara mendapatkan produk dan harganya.


Ciri Kebahasaan Teks Iklan
Teks iklan juga memiliki ciri-ciri kebahasaannya sendiri. Ciri-ciri kebahasaannya sebagai berikut.

1. Menggunakan slogan
Slogan adalah salah satu ciri khas yang dimiliki oleh teks iklan. Slogan adalah kalimat yang mencolok dan menarik untuk menyampaikan sesuatu agar lebih mudah diingat. Biasanya slogan terdiri dari beberapa kata saja yang mudah dingat dan memiliki makna dan sifat persuasi untuk masyarakat agar menyukai produk yang sedang di iklankan.

Baca : Apa itu Teks Iklan, ayo pelajari!

Nah, itu dia. Dalam iklan slogan bisa kita bilang adalah suatu pernyataan atau susunan kata akan suatu produk, yang dapat mewakili sifat dan kelebihan produk sehingga membuat masyarakat lebih terikat dan tertarik untuk mendapatkan produk tersebut. Slogan sangat dibutuhkan dalam dunia periklanan. Banyak perusahaan yang mau membayar mahal untuk mendapatkan seorang pemasar iklan perusahaannya, karena slogan adalah hal utama yang memberi kesan bagus pada sebuah iklan, dan membuat masyarakat mengingatnya lebih lama.
Kalimat-kalimat pada slogan haruslah kreatif dan menarik. Keberhasilan atau kesuksesan sebuah slogan dapat ditandai dari sebarapa masyrakat dapat mengingatnya dan sering-sering mengucapkannya.

2. Kalimat persuasif
Kalimat persuafif memiliki tujuan untuk membjuk dan meyakinkan pelanggan untuk mengonsumsi produk yang diiklankan. Terdapat banyak kalimat persuasif yang bisa membuat pelangganan melaksanakan keinginan si pengiklan untuk melakukan sesuatu sesuai konteks yang di iklankan. Contoh kalimat persiasif adalah “Ringan, handal, dan cepat!”

3. Subjek orang pertama
Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau pun jamak, seperti “aku,saya dan kami”. Ketiga subjek tersebut digunakan untuk mewakiliki intansi atau perusahaan yang mengiklankan produk dan jasanya. Subjek yang sering digunakan adalah “Kami”.

Contoh Teks Iklan


Teks Iklan – Pengertian, Fungsi, Struktur, Kaidah kebahasaan dan Contoh Teks Iklan

Teks Iklan – Pengertian, Fungsi, Struktur, Kaidah kebahasaan dan Contoh Teks Iklan
Dilarang mengopy artikel ini tanpa mengedit dan mencantumkan sumbernya. Hargai kerja keras orang lain.
Title: Teks Iklan – Pengertian, Fungsi, Struktur, Kaidah kebahasaan dan Contoh Teks Iklan
Posted by:rafsanjani kahfi
Published :2016-01-13T21:40:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Teks Iklan – Pengertian, Fungsi, Struktur, Kaidah kebahasaan dan Contoh Teks Iklan
Share this article :
+
10 Komentar untuk "Teks Iklan – Pengertian, Fungsi, Struktur, Kaidah kebahasaan dan Contoh Teks Iklan"

kulit magis kini ada ekstrak mastin hadir sehat kan tubuh kita ehh malah nanyi tips di atas sudah benar dan jelas dan kata katanya juga reavan

sekarang ane jadi paham pengertian dan fungsinya.

jadi itu ya pngertiannya secara jelasanya,ok pk mksh infonya

nice gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali bagi saya dan semoga menjadi terdepan :D

aduh ane udah baca bolak balik masih belum paham.. mksdnya teks iklan atau iklan teks gan.. -_-

dulu juga saya di ajarin nih tentang penjelasan iklan, tata cara buat foster, iklan waktu SMP.. tapi menurut saya materinya lebih dimengerti ini dari pada yg di sampaikan guru.. :D

Kok ga disertain contoh teks iklan gan? Klo bs contoh utk penulis

║ Berkomentarlah sesuai topik ║
║ Jangan menautkan link apapun ║
║ Cantumkan judul blog (bukan url blog) untuk kunjungan balik ║
║ Admin cuma balas komentar pertanyaan bukan pernyataan ║
║ No scam > No smoking :D ║

 
Template By Kunci Dunia